Senin, 19 Juli 2010

Apa Itu Cloth Diaper??

Re-Write from http://butikclodi.com/tag/cloth-diapers/

Clodi singkatan dari cloth diaper atau jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti popok kain. Sebutan lainnya adalah celana handuk, celana plastik, reusable diaper, dan masih banyak lagi. Pada intinya disini akan dibahas tentang perbandingan popok yang sekali pakai (pospak) dengan popok yang bisa dipakai berulang.

Istilah pampers lebih dikenal masyarakat ketimbang istilah popok sekali pakai atau disposable diapers. Hanya dikalangan tertentu saja orang akan mengenal istilah “pospak” dan “dispo”. Sebuah salah kaprah yang sudah menjadi keumuman seperti menyebut pasta gigi dengan istilah “odol”. Popok dan si buah hati sangat berkaitan erat, karena popok termasuk kebutuhan utama bayi. Dimana bayi belum bisa mengisyaratkan bahwa dia akan “pup” atau “pee”, dengan demikian kita  akan membutuhkan berlusin-lusin popok untuk meyerap pup dan pee nya.

Dulu belum ada yang namanya pampers, ibu saya menggunakan popok yang bertali dan ditambahi  kain jarit atau kain yang sudah tidak dipakai. Kain ini dipotong-potong kemudian dijadikan penyerap pipis dan pup. Higienis gag ya?? Wah alhamdulillah saya, adik, dan ponakan saya sehat-sehat saja. Mulai jamannya keponakan saya muncul produk popok sekali pakai yang daya tahan serapnya  tinggi dan bisa bertahan lama. Dengan alasan kepraktisan mulailah ibu-ibu menggunakan popok sekali pakai ini apalagi untuk pemakaian malam hari dan ketika bepergian dengan alasan biar ga repot.

Hitung-hitungan kasar ketika bayi hanya menggunakan 2 buah pospak dalam sehari, maka total 60 buah pospak dalam sebulan. Dalam setahun bisa menghabiskan sekitar 700 pospak dalam satu rumah tangga. Bisa dibayangkan berapa kilogram sampah untuk pospak ini dalam 1 RT, 1 RW, atau 1 Desa.

Bagaimana penanggulangan sampah dari pospak ini? dibakar, ditimbun di belakang rumah, atau di bawa ke TPA. Yang ketiga pilihan itu berdampak bahaya bagi lingkungan kita pada khususnya dan bumi kita pada umumnya.
Berawal dari kepedulian akan lingkungan dan dampak kesehatan penggunaan pospak bagi bayi, beberapa tahun terakhir banyak produsen mulai  membuat popok kain yang bisa dipakai ulang, dengan daya serap yang hampir sama dengan pospak.  Inilah yang kita sebut sebagi Clodi disini.

Clodi lebih murah dibanding Pospak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar