Jumat, 09 Juli 2010

Kenapa CLOTH DIAPER (CLODI) bocor dan cara mengatasinya

KENAPA CLODI BOCOR???
  1. CLODI bocor karena CLODI itu tidak dpt menyerap basahan dari baby (dgn sempurna), dan ini berlaku karena..... 
  2. Pre-wash yg tidak cukup (3 kali) atau langsung tak pre-wash (ini karena tak sabar2 untuk pakai clodi). Pre-wash itu penting utk melatih CLODI kita menyerap kebasahan. Lagipun CLODI baru keluar dari pabrik (jadi bersihkan dari segala sisa pabrik itu). 
  3. Kapasitas CLODI sudah penuh. Ini adalah sebab utama CLODI bocor karena ia tidak dapat lagi menyerap dan menampung basahan dari baby. CLODI apapun akan bocor apabila sudah penuh!! Ini sudah tentu berlaku karena CLODI dipakai terlalu lama ataupun baby jenis super-duper heavy wetter (huhu). Biasanya CLODI boleh dipakai 3-4 jam (bergantung pada keadaan), jadi CLODI perlu ditukar apabila tiba saatnya. CLODI yg paling mahal di pasaran pun akan bocor kalau dipakai lebih drp masanya atau dgn cara yg tidak betul!!  
  4. Ukuran CLODI tidak sesuai atau tidak betul2 fit dengan baby (longgar), juga karena tidak 'well-snug' (rapatkan) di bagian pangkal paha dan closure di bagian pinggang yg longgar. 
  5. Tidak pernah/ sudah lama tidak melakukan stripwashing. Apa itu stripwashing akan dijelaskan nanti... 
  6. Terdapat endapan sabun pada CLODI (pada insert terutamanya). Ini mungkin karena penggunaan sabun yg berlebihan atau CLODI tidak dibilas dgn bersih (masih ada sisa sabun), jadi endapan sabun itu akan menghalangi penyerapan yg maksimum. Oleh karena itu bilaslah sampai bersih ingá tidak ada bekas sabun 
  7. Sabun yang tidak sesuai, contohnya sabun yg terlalu berbusa/ berenzim/ berpelembut/ ada unsur minyak yg akan meninggalkan bekas/ endapan/ lapisan (built-in residue) pada CLODI dan insert.  
  8. CLODI juga mungkin bocor karena penggunaan nappy cream (krim utk ruam) yg dioleskan pada anak Moms. Ini karena pada krim itu mengandung unsur minyak dan akan terkena lapisan inner CLODI, lalu menjadikannya kurang baiknya penyerapan basahan/ kalis air. 
  9. lapisan PUL itu rusak/robek/ berlubang/ kecacatan semasa proses pembuatan yg menyebabkan CLODI tembus/bocor. Kalau disebabkan cacat selagi pembuatan (bisa minta ganti baru, kecuali kerusakan terjadi karena kesalahan Moms). 
  10. Atau mungkin juga karena CLODI Moms itu sudah terlalu lama dan lapisan PULnya terkoyak/rusak dengan sendirinya. Oh ya, lapisan PUL juga akan rusak jika terkena air panas mendidih (so, beware!!) 

MENGATASI CLODI BOCOR
  1. Lakukan pre-wash sebanyak 3 kali (semakin sering dibilas, semakin baik penyerapannya). Bagi insert bamboo dan hemp perlu lakukan pre-wash sehingga 7-8 kali baru dpt berfungsi dgn baik. 
  2. Pakai dgn size yg betul (jika one size, setkan size CLODI mengikut size baby). CLODI mesti betul2 fit dgn anak Moms.  
  3. CLODI harus dipakaikan dgn pas. Harus 'ketat'kan pada baby (well-snug di bhg pangkal paha dan pinggang). Bila bisa masuk 1 jari (dgn mudah) dekat paha baby, artinya masih longgar ... Tapi jgn  pula sampai berbekas kekencangan CLODI tersebut pada paha baby.. huhu... 
  4. Tukar CLODI setelah 3-4 jam atau apabila perlu. Jangan tunggu sampai melimpah ruah baru di tukar (gimana CLODI tak bocor???) 
  5. Gunakan sabun yg sesuai. Ingat, sabun yg tidak berenzim, tidak berpelembut, tidak berpeluntur dan tiada unsur minyak.  
  6. Bilas CLODI sampai bersih/ dgn air yg mencukupi (jika basuh tangan). 
  7. Lakukan stripwashing sebulan sekali atau apabila CLODI mulai bocor/leaking.
  8. Jika menggunakan pocket CLODI, insert dimasukan hingga ke hujung (depan) dan betul2 flat/ tidak terlipat (terutamanya di bagian elastik di tengah CLODI).  
  9. Jangan sekali-kali gunakan pelembut kain (fabric softener) karena akan meninggalkan lapisan lain pada CLODI dan insert yg akan mengurangi daya serapannya...  
  10. Sekiranya Moms ingin menggunakan nappy cream untuk baby Moms, dianjurkan mengguna nappy liner. Ini karena krim tersebut bila terkena pada lapisan inner CLODI dan menjadikannya berkurangnya  penyerapan basahan.  
  11. Moms juga boleh gunakan 2 insert ataupun insert jenis hemp dan bamboo jika bayi mmg jenis heavy wetter. Letakkan insert microfiber di bagian atas (karena cepat menyerap) dan insert hemp/ bamboo di bawah (karena dpt menyimpan byk basahan).
  12. Jika anak Moms mmg jenis heavy wetter, Moms juga boleh cuba CLODI jenis fitted + diaper cover. Fitted CLODI mmg sesuai utk baby yg jenis heavy wetter. (bila mmg tak cocok dgn pocket diapers).

 

STRIPWASHING   

  • Basuh CLODI (merujuk kepada inner pocket pant dan insert) menggunakan sabun yang biasa dipakai untuk cucian biasa. Scrub CLODI di bawah aliran air yang mengalir. jangan gunakan sebarang sikat karena ia akan merosakkan material CLODI kesayangan Moms. Lakukan hal  yang sama pada bagian dalam pocket diaper.
  • CLODI boleh di masukkan ke dalam mesin cuci dan tuangkan cuka. HANYA cuka. tidak perlu bahan pembersih yang lain. Bagi yang ingin melakukan basuhan tangan, gunakan cuka yang dilarutkan dalam air suam.

KENAPA PERLU STRIPWASHING???
CLODI yang di cuci lama kelamaan akan meninggalkan sisa sabun dan lama kelamaan akan mengurangi daya serapan basahan. Jadi jangan cepat menyimpulkan CLODI mudah bocor. Harus diingatkan penggunan sabun adalah bersifat alkali. jadi bagi meneutralkan kealkalian pada CLODI, stripwashing menggunakan agen yang bersifat asam seperti cuka untuk meneutralkan CLODI tersebut.
Stripwashing boleh dilakukan sebulan sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar